Dampak Buruk Minuman Berenergi untuk Kesehatan

Wednesday, July 17th 2013. | Kesehatan
Advertisement

Selain minuman yang mengandung alkohol dan soda, jenis minuman berenergi disinyalir juga memiliki efek buruk untuk kesehatan. Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan slogan atau iklan-iklan di TV tentang manfaat minuman tersebut yang menyebutkan minuman berenergi merupakan suplemen yang mampu meningkatkan kebugaran tubuh. Yang terjadi justru sebaliknya, banyak merek minuman berenergi yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan.
Minuman berenergi yang kini banyak beredar luas, beberapa diantaranya bisa menimbulkan efek buruk seperti berikut ini:

Resiko Keguguran
Minuman berenergi sangat riskan dikonsumsi kaum wanita terutama wanita hamil. Kandungan kafein tinggi pada minuman berenergi sangat tidak baik untuk wanita hamil karena memperbesar resiko keguguran. Dalam dunia medis menyebutkan bahwa, wanita bisa mengalami resiko keguguran dua kali lebih besar apabila mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein lebih dari 200 mg perhari. Meskipun ada beberapa pihak yang tidak membenarkan pernyataan tersebut, namun untuk meminimalkan resiko keguguran, para ahli merekomendasikan pada wanita hamil untuk menghindari minuman berenergi dan membatasi konsumsi kafein tidak lebih dari 200 mg sehari.

Masalah Jantung
Kafein dan beberapa komponen zat yang terkandung pada minuman berenergi mampu memicu tekanan darah dan membuat jantung berdetak lebih cepat. Selain itu, minuman berenergi jenis tertentu mampu merusak keseimbangan zat garam dalam tubuh sehingga selalu dikaitkan dengan kondisi detak jantung yang tidak teratur (biasa disebut arrhythmia).

Ketergantungan
Ada sebagian orang yang dengan sengaja mengkonsumsi minuman hasil oplosan / campuran minuman berenergi dan minuman yang mengandung alkohol. Kebiasaan tersebut selain berbahaya bagi kesehatan jantung, juga menjadi penyebab seseorang memiliki ketergantungan terhadap alkohol. Jika hal tersebut dibiarkan terjadi terus menerus, bukan tidak mungkin seseorang bisa menjadi pecandu alkohol.

Kecanduan Obat-obatan
Jika pada tahun pertama seseorang gemar mengkonsumsi minuman berenergi, pada tahun berikutnya ia akan lebih banyak mengkonsumsi jenis obat-obatan tanpa resep dokter. Kondisi tersebut disebabkan oleh pemahaman yang salah, orang cenderung beranggapan bahwa minum minuman berenergi dengan obat-obatan tanpa resep merupakan hal biasa dan relatif aman. Padahal pemahaman itu tidak benar sama sekali.

Membuat Bodoh
Kemungkinan ini memang terlihat kurang masuk akal. Tapi percaya atau tidak, minuman energi bisa membuat seseorang menjadi bodoh. Ini terjadi karena kandungan kafein berlebihan pada minuman berenergi, jika dikonsumsi terus menerus akan merusak jaringan otak sehingga mengurangi daya ingat.
Demikian beberapa efek dari sekian banyak efek buruk yang bisa ditimbulkan oleh minuman berenergi. Banyak sekali merek terkenal minuman berenergi yang beredar, namun sayang kebanyakan diantaranya tidak mencantumkan kandungan kafein dalam produknya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika mengurangi atau bahkan berhenti minum minuman berenergi sebelum dihadapkan dengan berbagai macam masalah kesehatan.

Share Dengan Teman Anda!
tags: