Manfaat Behel untuk Wanita

Thursday, June 20th 2013. | Kecantikan
Advertisement

Pertama kali kita melihat orang memakai behel atau kawat gigi, mungkin kelihatan aneh, karena gigi yang terlihat bagus jadi kurang menarik dengan hiasan kawat yang mengelilinginya. Namun ketika behel sudah menjadi salah satu tren fashion khususnya bagi remaja wanita, keanehan tersebut hilang denganĀ  sendirinya dan berubah menjadi pemandangan yang biasa. Saat ini penggunaan behel sudah menjadi tren yang lebih bertujuan untuk gaya supaya tidak dikatakan ketinggalan zaman, bukan karena alasan kesehatan gigi. Sepertinya tren seperti ini harus dikaji ulang sebelum kita tahu behel itu apa, dan apa manfaat behel jika kita menggunakannya supaya dikemudian hari tidak timbul penyesalan.

manfaat Behel Gigi

Pengertian Behel atau Kawat Gigi
Orthodontic Braces / Dental Braces merupakan nama asing dari kawat gigi atau kita lebih akrab menyebutnya dengan behel. Dalam dunia medis khususnya yang berhubungan dengan kesehatan gigi, behel berfungsi untuk merapikan susunan gigi / baris gigi yang letaknya tidak teratur. Secara spesifik susunan gigi yang tidak teratur misalnya gigi tidak tumbuh di tempat semestinya, gigi bertumpuk, letaknya terlalu maju atau bahkan terlalu mundur, ada celah di sela-sela gigi dan sebagainya. Pada pemakaian awal, gigi akan terasa sakit karena karena karet behel memberi tekanan yang cukup kuat pada gigi.

Jenis-jenis Behel
Sebenarnya banyak jenis behel yang biasa digunakan oleh masyarakat kita, namun ada 2 jenis behel yang terkenal yaitu behel retainer (lepasan) dan behel cekat (permanen). Umumnya behel menggunakan bahan platina, porselin dan sejenisnya.

Tips Perawatan Gigi Ber-Behel
Ketika behel digunakan pertama kali mungkin akan muncul sariawan di mulut, ini karena mulut belum beradaptasi dengan adanya benda asing di area gigi. Hal ini bisa diatasi dengan wax ortho (sejenis lilin untuk melapisi bagian behel yang tajam). Namun sekarang sudah ada teknologi Invisalign yaitu metode pemakaian behel tanpa menimbulkan sariawan.
Di awal-awal kontrol, mungkin gigi terasa ngilu jika digunakan untuk menggigit sesuatu. Namun rasa ngilu tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Untuk menjaga behel tetap awet dan mengurangi rasa ngilu pada gigi, sebaiknya hindari jenis makanan yang bertekstur keras. Jika ada makanan yang harus dipotong, potonglah dengan pisau jangan memotong menggunakan gigi karena behel bisa lepas sebelum waktunya.

Banyaknya produk behel yang semakin variatif, membuat fungsi utama behel sebagai alat merapikan gigi menjadi terabaikan dan bergeser menjadi tren aksesoris layaknya mode. Sepertinya para produsen behel sangat jeli membaca situasi pasar dengan meluncurkan beraneka macam produk behel, dari bahan platina berkaret hingga behel dari porselin transparan. Hal ini sukses menjadi tren tersendiri untuk pemakainya terutama remaja yang cenderung konsumtif terhadap produk-produk yang up to date.

Advertisement
tags: , ,