Wednesday , 22 October 2014

Tips Memilih Warna Cat Untuk Rumah

Warna dapat memberikan efek tertentu bagi psikis maupun fisik. Warna tertentu dapat membuat anda merasa lebih tenang dan nyaman. Setiap orang tentu memiliki kepribadian unik yang tercermin dalam warna –  warna yang mereka pilih. Setiap warna mampu menciptakan energi tertentu dalam ruangan. Oleh karena itu, saat memilih warna cat untuk rumah, berikut ini hal – hal yang boleh anda lakukan dan hal –  hal yang tidak boleh anda lakukan.

 

Hal – Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Pemilihan Warna Cat

wanita mengecat rumah

Hindari untuk mengecat seluruh rumah hanya dengan warna putih. Walaupun banyak yang berpikir bahwa warna putih adalah warna yang sempurna karena dapat membuat rumah terlihat bersih, segar, dan lebih besar. Putih akan terasa membosankan jika dilihat untuk waktu yang lama. Anda tentu tidak ingin mengenakan pakaian serba putih tiap harinya. Seseorang memerlukan variasi dalam hidupnya, begitu pula dengan rumah. Jika anda ingin memilih warna putih, gunakan warna putih hanya untuk warna utama, sedangkan untuk ruang makan, kamar atau ruang keluarga, pilihlah warna lain yang masih senada.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih warna yang sedang menjadi tren karena tiap tahunnya, trend untuk fashion dan interior selalu berubah. Anda dapat memilih warna cat yang sesuai dengan warna favorit anda misalnya warna ungu, pink, biru, atau warna lainnya. Jika warna biru membuat anda merasa nyaman, maka jangan memaksa untuk memilih pink hanya karena warna pink sedang populer. Jika anda tetap ingin mengikuti tren warna, cukup aplikasikan warna tersebut untuk aksesoris seperti pajangan meja atau bantal hias.

Hal – Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Pemilihan Warna Cat

wanita mengecat rumah warna terang

Saat memilih cat untuk interior maupun eksterior, hal yang harus anda lakukan adalah berani bermain dengan warna. Anda dapat membuat ruangan di rumah anda menjadi berkarakter dengan cara memadupadankan warna. Warna cerah, gelap atau netral. Anda juga dapat menambahkan motif–motif pada dinding rumah anda seperti motif polkadot pada dinding berwarna pink. Setiap orang memiliki kepribadian yang unik sehingga pemilihan warna dapat menjadi ekspresi karakter anda.

Selain itu, anda juga perlu untuk memperhatikan langit–langit di rumah anda. Biasanya, bagian ini merupakan bagian yang sering dilupakan saat proses pengecatan. Biasanya, langit–langit hanya dicat dengan warna putih karena lebih praktis. Padahal, warna pada langit – langit dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan rumah. Anda dapat menyesuaikan warna langit – langit dengan warna dinding. Perlu diperhatikan bahwa langit–langit dengan warna yang gelap cenderung akan membuat ruangan terlihat lebih pendek sedangkan warna cerah dapat membuat ruangan terlihat lebih tinggi. Pemilihan warna, biasanya akan mempengaruhi mood seseorang. Oleh karena itu, saat memilih warna cat, pertimbangan terlebih dahulu mood apa yang akan anda terapkan pada ruangan tersebut.

Komentar Anda